Friday, July 14, 2017

Hitam dan Putih Dunia Maya


Hallo selamat malam, baru bisa posting nih hehe ohya kali ini judul dalam blog saya agak unik ya Hitam dan Putih Dunia Maya semacam lagu Ada Band - Hitam dan Putih hehehe. Ya, saya mengambil judul ini karena unik dan menarik saja menurut saya, pengalaman saya menjelajahi dunia maya memang sangat menarik ada hitam dan putih, ada senang ada sedih, ada susah ada bahagia hehehe jadi curhat. Oke mengapa saya mengambil judul ini ? Sekali lagi saya katakan ini menarik, mungkin sedikit orang yang tau soal hitam dan putihnya dunia maya, kenapa sih mas ada hitam dan putihnya ? Dunia maya pun seperti manusia ada baiknya ada buruknya, nah bagaimana cara kita menanggapi hal tersebut. Sebelum saya jelaskan lebih jauh, saya akan menjelaskan terlebih dahulu, apa itu hitam dan putihnya dunia maya.




Hitam dan Putih Dunia Maya


Sudah saya jelaskan sebelumnya mengapa saya mengambil artikel ini ? Nah lalu apa sih putih hitamnya dunia maya ? Saya akan memulainya dengan dunia putih terlebih dahulu hehehe

1. Putihnya Dunia Maya

    Apa sih putihnya dunia maya ? Mungkin masih terpikirkan ya. Oke, maksud dari putihnya dunia maya ini adalah dunia maya yang membawa pengaruh positif untuk kehidupan nyata, jadi orang yang berkontribusi atau orang yang terjun di dunia maya ini bisa bermanfaat bagi orang banyak, bisa membawa perubah dunia nyata menjadi lebih baik lagi. Banyak keuntungan untuk terjun ke dunia maya, mungkin bisa menambah wawasan karena banyaknya para blogger yang memberikan sebuah informasi, bisa berhubungan dengan saudara ataupun kerabat melalui sosial media berkat para programmer, bisa membangun bisnis online dan lain sebagainya.
Putihnya dunia maya ini sangat indah karena begitu menguntungkan dan bermanfaat bagi orang banyak.
Sangat bermanfaat bukan ? Ya, sangat bermanfaat dan sangat menguntungkan kita bisa berbisnis online, menambah wawasan, bersosialisasi dengan banyak orang melalui sosial media, mempromosikan hasil karya kita di dunia maya dan masih banyak yang lainnya. 

Namun dunia maya pun memiliki sisi hitamnya loh, ini menurut pengalaman saya sendiri ya karena saya merasakan ini semua jadi mungkin agak lebih panjang penjelasan saya mengenai hitamnya dunia maya

2. Hitamnya Dunia Maya

    Sudah saya jelaskan di awal ini menurut pengalaman pribadi saya, dan menurut pandangan saya sendiri. Hitamnya dunia maya ini sangat hitam, mungkin ada yang terlihat dan ada yang tidak terlihat semacam annonymous, apa sih hitamnya dunia maya itu ? Hitamnya dunia maya adalah sesuatu yang merigukan orang lain. Jadi ini tidak baik, kenapa saya katakan tidak baik ? ya karena ini merugikan banyak orang lain. Lalu apa saja yang membuat hitamnya dunia maya ? Banyak, ada yang melalukan hacking, sebenarnya melakukan hal hacking sah-sah saja, asalkan tujuannya baik dan tujuannya ingin memberitahu kepada developer bahwa sistemnya tidak aman. Namun jika niat awalnya tidak baik bagaimana ? Ya itu sangat salah jika niat awal melakukan hacking ini ingin merusak sistemnya.



Hacking, berbicara soal hacking, mungkin banyak yang beranggapan bahwa kegiatan hacking ini adalah hal yang sangat merugikan bagi orang banyak, tentu tidak demikian bahwa kegiatan hacking pun ada menguntungkan bagi orang banyak, ya kita bahas sedikit tentang hacking 

Hacker = orang yang menerobos sistem dengan tujuan mencari celah lalu memberitahu kepada develepor yang sistemnya dia terobos bahwa sistemnya tidak aman

Cracker = orang yang menerobos sistem dengan tujuan merusak sistem tersebut dan tidak memberitahukan kepada developer bahwa sistemnya tidak aman

Jadi sekarang sudah paham kan maknanya ? Lanjut ya

Dalam hitamnya dunia maya juga ada istilah yang namanya Carding. Apa itu carding ? Menurut versi saya dan menurut pengetahuan saya carding itu adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membobol kartu kredit milik orang lain. Biasanya para carder ini membobol kartu kredit ini ada maksud dan tujuannya, dan mereka melakukan ini dengan aman dan tertata rapih. Banyak kasus yang menimpa negeri kita ini dengan masalah carding, dan carding ini merugikan banyak orang lain.

Dan ini tambahan menurut pengalaman saya hitamnya dunia maya ini adalah banyaknya tindak kejahatan yang begitu mudah dan begitu aman, mereka bisa memanipulasi segala sistem dengan mudah dan tertata rapih, mereka mengumpulkan setiap kartu kredit milik orang lain dengan begitu banyak dan mereka memakainya untuk kebutuhan mereka sendiri.


Dan banyak pula sekarang ini orang ingin menjadi hacker

" Wah keren ya bisa nerobos sistem "
" Wah keren ya bisa beli barang gratis di amazon "
" Wah keren ya bisa dapet uang banyak hasil carding "

Ingat, semua itu tidak seindah di film-film hacker, mungkin anda melihat film-film hacker keren gitu bisa kejar-kejaran sama polisi, bisa ini itu. Anda salah besar jika anda berpikir demikian, banyak rintangannya, banyak konsekuensinya. Jika anda membobol kartu kredit orang lain syukur-syukur anda tidak ketahuan, coba kalo ketahuan bagaimana ? Yang malu siapa ? Bukan anda doang, tapi keluarga anda juga akan merasa malu. Cobalah untuk berpikir jernih, hanya sekedar tahu saja tidak masalah, namun jangan pernah anda mencobanya karena itu akan merugikan anda sendiri dan orang lain. 

Saya memang tahu alur carding tersebut tapi saya tidak akan menjelaskannya disini, tapi intinya ini akan membuat anda pusing, karir anda akan menjadi berantakan, hidup anda akan menjadi tidak tenang, jadi saya sarankan untuk tidak melakukan hal demikian.


Jadi pada intinya semua kembali kepada kita masing-masing bagaimana cara pandang kita terhadap dunia maya tersebut, dan bagaimana cara kita menempatkan diri kita yang selaknya. Apakah kita ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak ataukah kita akan menjadi orang yang merugikan orang banyak, semua kembali lagi kepada kita

Semoga postingan yang inspirasinya spontan ini bermanfaat bagi anda semua jadi bagi anda yang bergelut dengan dunia maya bisa memposisikan diri anda sebagaimana mestinya.

0 comments:

Post a Comment