Wednesday, July 12, 2017

Apa Bedanya Bahasa Beraras Tinggi dan Rendah pada Bahasa Pemograman


Hallo guys, kemarin kemarin saya memang selalu membahas tentang Linux tapi kali ini saya tidak membahas Linux lagi tapi saya akan sedikit menjelaskan tentang Bahasa Pemograman sebetulnya saya hanya paham sedikit karena saat sekolah saya hanya belajar dasarnya saja tapi saya akan coba jelaskan sebisa saya semoga bermanfaat bagi anda semua hehe


Apa Bedanya Bahasa Beraras Tinggi dan Rendah pada Bahasa Pemograman 

Mungkin bagi anda yang belum mengetahui bahasa pemograman agak bingung ya apa itu bahasa pemograman dan kenapa ada beraras rendah dan tinggi hehehe membingungkan bukan ? nah kali ini saya akan jelaskan apa itu bahasa pemograman. Bahasa Pemograman menurut Wikipedia adalah sebuah intruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Nah komputer pun sama seperti manusia mempunyai bahasa, mungkin di bahasa manusia ada bahasa indonesia,inggris,sunda,jawa dan lainnya, tetapi jika di bahasa komputer ada bahasa C,C++,Pascal,Html,Java,BASIC dan lain sebagainya. Lalu apa sih fungsi nya ? Fungsi bahasa pemograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Jadi analoginya seperti ini jika anda memerintahkan komputer untuk shutdown maka anda harus menulis programnya terlebih dahulu lalu komputer akan mengikuti intruksi apa yang anda program. Lalu apa bedanya bahasa beraras tinggi dan renda pada bahasa pemrograman ? yuk simak saja.

A . Bahasa Beraras Tinggi
      Bahasa beraras tinggi adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada manusia. Nah bahasa ini di buat dengan menggunakan bahasa yang sangat mudah di pahami oleh manusia dan biasanya menggunakan bahasa inggris, contohnya AND yang artinya dan, yang termasuk dalam bahasa beraras rendah ini adalah bahasa C,C++,Pascal,dan BASIC.

B. Bahasa Beraras Rendah
     Bahasa Beraras rendah adalah bahasa pemograman yang berorientasi kepada mesin. Nah walaupun bahasa beraras rendah tetapi bahasa ini sangat sulit karena menggunakan kode biner yang hanya mengenal angka 1 dan 0 saja. Bahasa seperti ini sangat sulit untuk di pahami oleh orang awam maka dari itu kebanyakan orang menggunakan bahasa beraras tinggi, nah yang termasuk dalam bahasa beraras rendah ini adalah bahasa mesin dan bahasa rakitan. 

Nah jadi kita harus belajar yang mana ? Itu semua kembali kepada anda semua apakah anda ingin menguasai bahasa beraras tinggi atau bahasa beraras rendah semua tergantung pada anda sesuaikan dengan minat, kebutuhan dan bakat anda semua, mungkin ini saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi anda semua.


Sumber : Buku Algoritma Pemograman menggunakan C++ ( Abdul Kadir Heriyanto )

0 comments:

Post a Comment