Friday, July 5, 2019

CARA KONFIGURASI ROUTER MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER

Dunia jaringan sudah tidak bisa kita pungkiri lagi, apa yang kita gunakan saat ini, apa yang kita lakukan saat ini pasti tidak bisa terlepas dari sebuah yang namanya "Jaringan". Nah, lalu bagaimana caranya jaringan tersebut bekerja ??. Dan bagaimana caramya antar perangkat dapat terhubung namun dengan alamat ip address yang berbeda ?? Sebelum jauh kita melangkah kearah sana.

Saya akan menjelaskan bagaimana cara mengkonfigurasi router dengan menggunakan cisco packet tracer sebagai simulasi jaringan kali ini.

Dunia jaringan sudah tidak bisa kita pungkiri lagi, apa yang kita gunakan saat ini, apa yang kita lakukan saat ini pasti tidak bisa terlepas dari sebuah yang namanya "Jaringan". Nah, lalu bagaimana caranya jaringan tersebut bekerja ??. Dan bagaimana caramya antar perangkat dapat terhubung namun dengan alamat ip address yang berbeda ?? Sebelum jauh kita melangkah kearah sana.

Saya akan menjelaskan bagaimana cara mengkonfigurasi router dengan menggunakan cisco packet tracer sebagai simulasi jaringan kali ini.

Tuesday, September 18, 2018

BELAJAR MENGHARGAI

Belajar menghargai. Mungkin kata-kata seperti itu sudah biasa didengar dari sejak kita kecil hingga dewasa ini. Tapi ???? Masih banyak yang belum memahami pentingnya dalam sebuah kata "Belajar Menghargai". Mungkin sebagian orang punya sudut pandang sendiri-sendiri untuk menafsirkan kata "Belajar Menghargai" itu sendiri. Tidak bisa dipungkiri, memang setiap orang memiliki cara pandang sendiri-sendiri dalam menafsirkan sebuah kata yang dia baca ataupun yang dia dengar.


Disini saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada pembaca blog saya. Pengalaman yang mungkin baru saya sadari hasilnya sekarang ini. Mungkin nanti terlihat sangat membosankan, namun saya berharap setelah anda semua membaca tulisan ini memahami maksud saya. Saya mungkin bukan orang yang paling benar, hanya saja saya ingin berbagi pengalaman saya agar anda semua dapat mengambil makna dari semua itu..



Ini berawal dari sebuah kisah.... 
Belajar menghargai. Mungkin kata-kata seperti itu sudah biasa didengar dari sejak kita kecil hingga dewasa ini. Tapi ???? Masih banyak yang belum memahami pentingnya dalam sebuah kata "Belajar Menghargai". Mungkin sebagian orang punya sudut pandang sendiri-sendiri untuk menafsirkan kata "Belajar Menghargai" itu sendiri. Tidak bisa dipungkiri, memang setiap orang memiliki cara pandang sendiri-sendiri dalam menafsirkan sebuah kata yang dia baca ataupun yang dia dengar.


Disini saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada pembaca blog saya. Pengalaman yang mungkin baru saya sadari hasilnya sekarang ini. Mungkin nanti terlihat sangat membosankan, namun saya berharap setelah anda semua membaca tulisan ini memahami maksud saya. Saya mungkin bukan orang yang paling benar, hanya saja saya ingin berbagi pengalaman saya agar anda semua dapat mengambil makna dari semua itu..



Ini berawal dari sebuah kisah.... 

Monday, August 27, 2018

Pahlawan Ku



Dia pahlawanku. 
Dia super hero ku. 
Dia yang aku banggakan.



Dia pahlawanku. 
Dia super hero ku. 
Dia yang aku banggakan.

Wednesday, December 20, 2017

KEUNTUNGAN NGEBLOG UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS MENULIS PADA SESEORANG

Perkembangan teknologi memang sudah semakin cepat dan sudah tidak bisa di pungkiri lagi. Sudah banyak anak zaman sekarang yang mengakses teknologi dan bukan hanya sekedar mencari informasi, namun mereka juga menjadikan teknologi untuk tempat mereka menyalurkan sebuah hobi. Seperti halnya blogger, salah satu platform ini menyediakan wadah untuk anak-anak yang mempunyai hobi menulis, yang biasanya pada zaman dahulu anak-anak yang hobi menulis hanya menuliskan di dairy saja namun blogger menyediakan wadah untuk mereka yang hobi menulis.



Sebenarnya platform blogger sendiri pun mempunyai sebuah keuntungan tersendiri untuk anak-anak yang memang mempunyai hobi menulis. Dahulu mereka menuliskan sebuah dairy atau cerita pendek hanya dapat di baca oleh orangtua, guru, teman saja. Namun pada ketika mereka menuliskan cerita mereka di blogger maka tidak hanya kerabat dekat saja yang mengetahuinya namun, semua orang di dunia dapat melihatnya dan dapat mengapresiasikan dan bahkan dapat dilirik oleh penerbit untuk di jadikan sebuah buku.
Namun, sebenarnya ngeblog juga memiliki sebuah keuntungan yaitu dapat meningkatkan kreatifitas menulis seseorang. Banyak anak zaman sekarang yang memang mempunyai banyak ide, namun sulit untuk di tuangkan dalam bentuk sebuah tulisan. Banyak juga anak sekarang yang sangat sulit untuk merangkai sebuah kata dalam membuat sebuah makalah ataupun laporan karena penyebabnya adalah mereka tidak terbiasa untuk menulis. Dengan kita mulai terbiasa menulis atau ngeblog dengan merangkai dari kata yang sederhana menjadi kata yang sangat menarik, itu akan meningkatkan sebuah kreatifitas seorang anak. Sudah banyak para blogger yang sudah menerbitkan tulisannya dan menjadikannya buku dan memang banyak keuntungan yang lainnya dalam ngeblog itu.


Lalu apa saja sih keuntungan dalam melakukan ngeblog atau blogging ??
Perkembangan teknologi memang sudah semakin cepat dan sudah tidak bisa di pungkiri lagi. Sudah banyak anak zaman sekarang yang mengakses teknologi dan bukan hanya sekedar mencari informasi, namun mereka juga menjadikan teknologi untuk tempat mereka menyalurkan sebuah hobi. Seperti halnya blogger, salah satu platform ini menyediakan wadah untuk anak-anak yang mempunyai hobi menulis, yang biasanya pada zaman dahulu anak-anak yang hobi menulis hanya menuliskan di dairy saja namun blogger menyediakan wadah untuk mereka yang hobi menulis.



Sebenarnya platform blogger sendiri pun mempunyai sebuah keuntungan tersendiri untuk anak-anak yang memang mempunyai hobi menulis. Dahulu mereka menuliskan sebuah dairy atau cerita pendek hanya dapat di baca oleh orangtua, guru, teman saja. Namun pada ketika mereka menuliskan cerita mereka di blogger maka tidak hanya kerabat dekat saja yang mengetahuinya namun, semua orang di dunia dapat melihatnya dan dapat mengapresiasikan dan bahkan dapat dilirik oleh penerbit untuk di jadikan sebuah buku.
Namun, sebenarnya ngeblog juga memiliki sebuah keuntungan yaitu dapat meningkatkan kreatifitas menulis seseorang. Banyak anak zaman sekarang yang memang mempunyai banyak ide, namun sulit untuk di tuangkan dalam bentuk sebuah tulisan. Banyak juga anak sekarang yang sangat sulit untuk merangkai sebuah kata dalam membuat sebuah makalah ataupun laporan karena penyebabnya adalah mereka tidak terbiasa untuk menulis. Dengan kita mulai terbiasa menulis atau ngeblog dengan merangkai dari kata yang sederhana menjadi kata yang sangat menarik, itu akan meningkatkan sebuah kreatifitas seorang anak. Sudah banyak para blogger yang sudah menerbitkan tulisannya dan menjadikannya buku dan memang banyak keuntungan yang lainnya dalam ngeblog itu.


Lalu apa saja sih keuntungan dalam melakukan ngeblog atau blogging ??

Friday, November 17, 2017

Memilih


Hidup adalah sebuah pilihan ? Mungkin itu yang sering kita dengarkan. Namun, kenapa kita harus memilih terus ? Kenapa tidak kita saja yang dipilih ? Lalu, apa yang harus saya pilih ? Apakah benar dengan pilihan saya ini ? Bagaimana cara saya memilih ?


Hidup adalah sebuah pilihan ? Mungkin itu yang sering kita dengarkan. Namun, kenapa kita harus memilih terus ? Kenapa tidak kita saja yang dipilih ? Lalu, apa yang harus saya pilih ? Apakah benar dengan pilihan saya ini ? Bagaimana cara saya memilih ?

Thursday, November 16, 2017

Jangan Pandang Orang dengan Sebelah Mata


Diremehkan ?? Semua orang pasti tidak akan ada yang mau untuk diremehkan. Namun, faktanya di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang meremehkan orang lain. S emisal, dia yang terlihat cupu pasti dibilang orang yang tidak bisa melakukan apapun. Lalu, orang yang berpenampilan yang acak-acakan di anggapnya seperti anak dengan masa depan suram, tidak mempunyai sebuah masa depan dan yang pasti adalah pemalas. Mungkin itu beberapa pengalaman saya yang saya liat di kehidupan sehari-hari. Dan terkadang apa yang kita lihat dan apa yang kita pikirkan itu terkadang berbeda dengan kenyataanya. Ya, memang yang bernampilan itu pasti seperti anak nakal, tapi ? apakah dia benar nakal dan mempunyai hidup atau masa depan suram ? Belum tentu juga kan ? Jadi ketika kita ingin berpendapat, lihat dulu lebih jelas baru bisa memutuskan.


Diremehkan ?? Semua orang pasti tidak akan ada yang mau untuk diremehkan. Namun, faktanya di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang meremehkan orang lain. S emisal, dia yang terlihat cupu pasti dibilang orang yang tidak bisa melakukan apapun. Lalu, orang yang berpenampilan yang acak-acakan di anggapnya seperti anak dengan masa depan suram, tidak mempunyai sebuah masa depan dan yang pasti adalah pemalas. Mungkin itu beberapa pengalaman saya yang saya liat di kehidupan sehari-hari. Dan terkadang apa yang kita lihat dan apa yang kita pikirkan itu terkadang berbeda dengan kenyataanya. Ya, memang yang bernampilan itu pasti seperti anak nakal, tapi ? apakah dia benar nakal dan mempunyai hidup atau masa depan suram ? Belum tentu juga kan ? Jadi ketika kita ingin berpendapat, lihat dulu lebih jelas baru bisa memutuskan.

Saturday, November 11, 2017

Ini Alasan Anda Kenapa Harus Merantau


                Kenapa sih harus merantau ? kan kuliah atau kerja di tempat sendiri itu lebih enak , kenapa sih harus pergi jauh-jauh untuk sekedar pendidikan saja ? ngabisin duit aja.

                Mungkin itu beberapa pertanyaan anak jaman sekarang yang selalu di tanyakan ke anak-anak perantauan. Memang benar sih ngabisin duit aja ngerantau jauh-jauh padahal ujung-ujungnya sama cuman nyari gelar sarjana doang ya kan? tapi jangan berpikir pendek dulu, kita juga harus berpikir panjang. Kita merantau pasti ada alasannya, mungkin kita belum tau apa saja keuntungan atau alasannya merantau. Kita hanya tau merantau itu jauh dari orang tua, ngabisin duit, gajelas hanya itu-itu saja mungkin.

                Nah disini gua bakal ngasih tau beberapa alasan kenapa sih elu harus merantau, faedahnya apa sih ?

                Awalnya gua juga berpikir sama dengan demikian, kenapa sih kuliah itu harus jauh-jauh, terus kalo gua kuliah jauh ? gimana cara gua ngatur duitnya ? gimana caranya gua ngebagi waktu ? gimana cara gua bisa bangun pagi tanpa di bangunin sama orang tua ? dan yang lainnya. Begitu mungkin waktu awal gua sebelum merantau. Namun, saat gua sampai di kota perantauan gua, gua emang ngerasa harus beradaptasi dulu sama lingkungan gua, dan memang awalnya perkuliahan itu gua kocar-kacir untuk bangun pagi, dan gua juga harus berpikir keras untuk ngatur waktu dan keuangan gua. tapi setelah lama gua baru sadar ngerantau itu ada alasannya dan ada manfaatnya.

Berikut manfaatnya :

     1. Mandiri 
Ya memang udah pasti kita akan jadi mandiri, karena kita harus melakukan apapun itu sendiri, orang tua sudah jauh, mengandalkan teman ? mana mungkin mau ya kan? jadi manfaatnya adalah elu bakal jadi mandiri.

     2. Dapat Mengatur Waktu
Nah ini, yang udah gua jelasin tadi di atas. Mungkin awalnya lu gabisa ngatur waktu lu, apa-apa pasti lu bakal di suruh-suruh sama orang tua, dari mulai elu ibadah, makan, belajar, sekolah pasti elu selalu di ingetin sama orang tua lu. Tapi disini ? lu di latih untuk mengatur waktu dan nanti nya lu bakal bisa ngatur waktu lu, mana yang lebih penting dan mana yang ga penting. Itu semua lu yang ngatur.

     3. Dapat Mengatur Keuangan
Sesuai sama yang di atas gua jelasin, lu bakal bisa ngatur keuangan lu. Yang awalnya lu selalu boros sama yang namanya keuangan, lu selalu berpoya-poya sama uang lu, tanpa lu berpikir besok makan apa karena di rumah udah ada makanan, lu bebas beli apa aja padahal semua itu ga penting. Nah di perantauan lu bakal bisa ngatur atau belajar ngatur keuangan lu, karena apa ? kalo elu poya-poya, pasti elu bakal berpikir besok gua mau makan apa ? Nah disini lu bakal belajar ngatur keuangan elu sendiri. Ya seolah-olah elu itu manager keuangan lu lah.

     4. Rumah itu berarti
Nah ini, yang terpenting adalah elu bakal lebih bisa ngehargain rumah, yang awalnya elu berpikir rumah itu ga begitu penting sampai-sampai elu main itu sampe larut malam, bahkan jarang pulang. Tapi saat di perantauan, rumah itu bakal lebih berarti, pasti elu kangen sama rumah, suasana keluarga lu.

Mungkin itu aja sih, gua ngasih tau hal-hal penting nya aja yang sesuai dengan pengalaman gua sendiri yang saat ini gua rasain. Dan gua sadar, merantau itu memanglah penting.


                Kenapa sih harus merantau ? kan kuliah atau kerja di tempat sendiri itu lebih enak , kenapa sih harus pergi jauh-jauh untuk sekedar pendidikan saja ? ngabisin duit aja.

                Mungkin itu beberapa pertanyaan anak jaman sekarang yang selalu di tanyakan ke anak-anak perantauan. Memang benar sih ngabisin duit aja ngerantau jauh-jauh padahal ujung-ujungnya sama cuman nyari gelar sarjana doang ya kan? tapi jangan berpikir pendek dulu, kita juga harus berpikir panjang. Kita merantau pasti ada alasannya, mungkin kita belum tau apa saja keuntungan atau alasannya merantau. Kita hanya tau merantau itu jauh dari orang tua, ngabisin duit, gajelas hanya itu-itu saja mungkin.

                Nah disini gua bakal ngasih tau beberapa alasan kenapa sih elu harus merantau, faedahnya apa sih ?

                Awalnya gua juga berpikir sama dengan demikian, kenapa sih kuliah itu harus jauh-jauh, terus kalo gua kuliah jauh ? gimana cara gua ngatur duitnya ? gimana caranya gua ngebagi waktu ? gimana cara gua bisa bangun pagi tanpa di bangunin sama orang tua ? dan yang lainnya. Begitu mungkin waktu awal gua sebelum merantau. Namun, saat gua sampai di kota perantauan gua, gua emang ngerasa harus beradaptasi dulu sama lingkungan gua, dan memang awalnya perkuliahan itu gua kocar-kacir untuk bangun pagi, dan gua juga harus berpikir keras untuk ngatur waktu dan keuangan gua. tapi setelah lama gua baru sadar ngerantau itu ada alasannya dan ada manfaatnya.

Berikut manfaatnya :

     1. Mandiri 
Ya memang udah pasti kita akan jadi mandiri, karena kita harus melakukan apapun itu sendiri, orang tua sudah jauh, mengandalkan teman ? mana mungkin mau ya kan? jadi manfaatnya adalah elu bakal jadi mandiri.

     2. Dapat Mengatur Waktu
Nah ini, yang udah gua jelasin tadi di atas. Mungkin awalnya lu gabisa ngatur waktu lu, apa-apa pasti lu bakal di suruh-suruh sama orang tua, dari mulai elu ibadah, makan, belajar, sekolah pasti elu selalu di ingetin sama orang tua lu. Tapi disini ? lu di latih untuk mengatur waktu dan nanti nya lu bakal bisa ngatur waktu lu, mana yang lebih penting dan mana yang ga penting. Itu semua lu yang ngatur.

     3. Dapat Mengatur Keuangan
Sesuai sama yang di atas gua jelasin, lu bakal bisa ngatur keuangan lu. Yang awalnya lu selalu boros sama yang namanya keuangan, lu selalu berpoya-poya sama uang lu, tanpa lu berpikir besok makan apa karena di rumah udah ada makanan, lu bebas beli apa aja padahal semua itu ga penting. Nah di perantauan lu bakal bisa ngatur atau belajar ngatur keuangan lu, karena apa ? kalo elu poya-poya, pasti elu bakal berpikir besok gua mau makan apa ? Nah disini lu bakal belajar ngatur keuangan elu sendiri. Ya seolah-olah elu itu manager keuangan lu lah.

     4. Rumah itu berarti
Nah ini, yang terpenting adalah elu bakal lebih bisa ngehargain rumah, yang awalnya elu berpikir rumah itu ga begitu penting sampai-sampai elu main itu sampe larut malam, bahkan jarang pulang. Tapi saat di perantauan, rumah itu bakal lebih berarti, pasti elu kangen sama rumah, suasana keluarga lu.

Mungkin itu aja sih, gua ngasih tau hal-hal penting nya aja yang sesuai dengan pengalaman gua sendiri yang saat ini gua rasain. Dan gua sadar, merantau itu memanglah penting.