Friday, April 7, 2017

Elemen Pendukung Softswitch

Hallo guys, selamat malam, maaf baru bisa posting lagi karena baru selesai ujian hehe maklum masih pelajar (jadi curhat).
Oke kali ini saya ingin sedikit menjelaskan tentang Elemen Pendukung Softswitch kenapa saya mengambil tema ini? ya karena pada saat ujian kemarin kebetulan ada soal ini jadi saya dapat ide untuk berbagi ilmu dengan kalian semua, semoga bermanfaat ya, yuk langsung simak saja



Menurut buku yang saya baca Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler yang telah ada selama ini. Atau definisi lain yang terkait dengan elemen jaringan, bahwa softswitch atau Call Agent (CA), atau Media Getway Controller (MGC) adalah elemen utama jaringan NGN yang berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, dan mengatur interaksi elemen-elemen jaringan lain.

Lalu apa saja Elemen Pendukung Softswitch ?

1. Media Gateway , media gateway ini terdiri dari :
  •     Access Gateway
    Access Gateway, sebagai penghubung ke arah jaringan akses yang berhubungan dengan pengguna. Pada umumnya access gateway yang dikenal adalah perangkat yang berbasis paket (IP) ataupun non-paket yang selanjutnya diubah menjadi paket untuk dapat dikontrol oleh softswitch. Dimensi-dimensi yang perlu diperhatikan dalam access gateway meliputi :
    a. Dimensi interface ke jaringan IP untuk layanan IP/data
    b. Dimensi interface ke jaringan IP untuk layanan voice (sesuai codec yang digunakan)
    c. Dimensi ke jaringan user
  • Trunk Gateway
    Trunk Gateway dipergunakan untuk menghubungkan jaringan berbasis softswith  kepada jaringan non-paket dan berfungsi sebagai trunking. Dimensi interface pada trunk gateway dari jaringan lain yang terhubung ke jaringan softswitch yaitu :
    a. Internet Protokol (IP) akan terhubung langsung ke jaringan softswitch.
    b. Time Division Multiplexing (TDM) akan terhubung ke jaringan non-IP
2. Signaling Gateway
    Signaling Gateway untuk menghubungkan signaling di dalam jaringan softswitch dengan jaringan PSTN/mobile yang berbasis SS7. Di dalam elemen softswitch antara softswitch dan signaling gateway dapat berupa perangkat yang terintegritasi ataupun terpisah.

3.  Operating Support System (OSS)
     OSS harus mendukung perbaikan kualitas layanan dan mempertinggi efisiensi operasi dengan memberikan fungsi-fungsi manajemen jaringan berikut :
a. Fault management
b. Configuration management
c. Accounting management
d. Perfomance management
e. Security management

Iya mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan menurut buku yang saya baca dan referensi dari lain. Semoga bermanfaat untuk kalian semua yang membaca

Sumber : - Buku Teknik Switching
                - http://mata-cyber.blogspot.co.id

2 comments:

  1. selamat ya blog baru ads nya udah muncul hebat,,, salam "depreso blogspot"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak mas ehehe masih butuh banyak belajar lagi nih

      Delete