Sunday, March 5, 2017

Apa itu Deep Web ? Apa saja didalamnya ? Mengapa Berbahaya ?

Hallo selamat siang.

Kemarin ada teman saya yang menanyakan kepada saya apa itu Deep Web ? Apa saja yang ada di dalamnya ? Mengapa Deep Web itu berbahaya ?


 Oke saya akan menjelaskan menurut pengetahuan saya yang sudah saya baca dari berbagai sumber



Deep Web adalah kumpulan konten World Wide Web yang tidak terindex oleh mesin pencari standar (seperti Google, Bing, Yahoo). Ya seperti namanya ‘Web Mendalam’ tidak terlihat dipermukaan. Meskipun tidak terlihat, konten Deep Web tetap dapat diakses dengan menggunakan tool khusus. Menurut hasil riset jumlah konten situs yang digolongkan sebagai Deep Web sangatlah banyak. Hampir 96% dari keseluruhan Internet. Artinya situs yang biasa kita akses seperti Facebook, Google dll itu hanya 4% nya saja. Menurut hasil riset pula sebagian besar konten DeepWeb berisi tentang database dari hasil penelitian.


 Jadi kalo kita bayangkan internet yang selama ini kita pakai adalah bagaikan kita sedang berenang di atas laut saja hanya sebagian, ternyata internet pun memiliki keindahan di dalamnya seperti Deep Web. Akan tetapi jika kita berenang di laut lebih dalam dan sendirian itu bukankah berbahaya bagi diri kita sendiri ? Nah internet pun demikian, semakin jauh kita mendalami sebuah internet dan semakin berbahayalah kita.


 Apa saja yang ada di dalamnya ?

Ketika memasuki Deep web anda mungkin akan merasa tersesat karena tidak memiliki peta alamat sebagai acuan. Tenang, ada Hiden Wiki kok. Silahkan menggunakan pencarian di hiden wiki pada Tor Browser. Didalam hidden wiki sudah terdaftar situs situs berbahaya seperti slickroad dimana didalamnya terdapat penjualan narkoba, site yang memperdagangkan konten sex dibawah umur, pembunuhan dan lain sebagainya. Situs tersebut dibuat untuk tujuan komersial. Biasanya mata uang yang dipergunakan di dalam Dark Web adalah Mata uang virtual. Bitcoin adalah salah satunya.

Sebagai catatan, url berdomain onion selalu di tulis agak acak, seperti jdsaph45jnsoijda dot onion. Jadi, tidak seperti alamat alamat web biasanya yang mudah di ingat. Alasannya ? coba anda tebak sendiri.

Mengapa Deep Web berbahaya ?

Deep web memang sangat berbahaya bagi para pengguna di dunia internet biasa. Ada banyak hacker atau pihak-pihak yang bisa mendeteksi keberadaan kita dengan mudah ketika kita memasuki deep web. Kepentingan apa yang membuat kita mengakses deep web?

Kalau kita melakukan kecerobohan saat membuka deep web, bukan mustahil para hacker akan mengungkap identitas kita bahkan mencuri informasi yang kita miliki. Deep web memiliki informasi yang lebih besar 400 hingga 500 kali dari web biasa, dengan kapasitas informasi mencapai 7.500 TB. Hampir 95% konten di deep web bisa diakses tanpa registrasi. Melakukan registrasi atau login di deep web hanya akan mempermudah cyber crime yang sedang mengintai kita.

Jadi begitu penjelasan yang bisa sampaikan. Pesan saya adalah cukup anda berselancar di permukaan internet saja tidak usah menyelam hingga dalam karena akan membahayakan diri anda sendiri.

2 comments:

  1. Pernah denger istilah ini, tapi belum sempet nyari info lebih. Internet ini serem juga ya btw. Apalagi kalo ada oknum yang sengaja memanfaatkan identitas kita untuk keperluan mereka.

    Beberapa waktu ini gue lagi keranjingan maen Reddit nih. Walaupun nggak terlalu 'deep', tapi lumayan seru juga.

    ReplyDelete
  2. udah pernah ke deepweb dan disana aman-aman aja kok, asal kita juga konek ke deepweb pake cara yang aman juga. niatnya disitu cari ebook sih. tapi di hidden wiki banyak link yang mati.

    Data di deepweb besar ya? tapi kok aku liat web-web disana banyak yang minimalis ya? dan kalo ngga salah harga vps atau domain disalah mahal, pernah liat sih ada iklan pasang domain + 100mb vps hargnya ratusan dollar :3

    ReplyDelete