Thursday, March 2, 2017

Hati-hati Webcam anda bisa menyala walaupun laptop dalam keadaan mati

Hallo guys sorry nih baru bisa update lagi, maklum lagi banyak ujian disekolah jadi ga sempet buat nulis, mungkin biasanya saya menjelaskan tentang sebuah pelajaran dan sebuah tutorial, kali ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang webcam bisa nyala sendiri. Bingung kan ?? Ya awalnya juga saya bingung kenapa disaat laptop kita mati tetapi webcam kita menyala. Banyak teman saya yang menanyakan kenapa webcam laptop saya ditutupi oleh pita ?? Mungkin beberapa sudah ada yang mengetahuinya dan mungkin beberapa ada yang belum mengetahuinya.



Namun setelah saya membaca dari berbagai sumber saya menemukan jawabannya, ternyata memang benar bahwa disaat laptop kita dalam keadaan mati ternyata webcam kita bisa menyala. Ini sudah di buktikan kebenarannya oleh Edward Snowden membocorkan operasi Optic Nerve yang dilakukan NSA untuk menangkap gambar webcam setiap 5 menit dari pengguna Yahoo secara acak, dan hanya dalam waktu 6 bulan , 1,8 juta foto pengguna dan disimpan diserver pemerintah pada tahun 2008.

Salah satu caranya adalah dengan :

1. Menutup lensa webcam dengan menggunakan pita ataupun solatip
2. Tinggalkan laptop anda dalam keadaan tertutup agar terhindar dari ancaman hacker
3. Jangan mengklik sebuah link yang tidak jelas, bisa saja itu adalah link palsu dan hacker bisa mengakses anda

Hanya itu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda yang membaca. Dan tetap harus berhati-hati karena semua sistem itu tidak ada yang aman

0 comments:

Post a Comment