Wednesday, December 21, 2016

Sejarah dan Istilah dalam Protokol TCP/IP

Selamat pagi, baru bisa posting lagi nih maklum banyak kesibukan hehehe... kali ini saya ingin membahas soal "sejarah dan istilah-istilah protokol TCP/IP" karena teman saya ada yang menanyakan pertanyaan tersebut, kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang pertanyaan tersebut..



Sejarah TCP/IP 

     Internet Protocol dikembangkan pertama kali oleh Defense Advanced Research Projects Agency ( DARPA ) pada tahun 1970 sebagai awal dari usaha untuk mengembangkan protokol yang dapat melakukan interkoneksi berbagai jaringan komputer yang terpisah, yang masing-masing jaringan tersebut menggunakan teknologi yang berbeda. Protokol utama yang dihasilkan proyek ini adalah Internet Protocol (IP). Riset yang sama dikembangkan pula yaitu beberapa protokol level tinggi yang didesain dapat bekerja dengan IP. Yang paling penting dari proyek tersebut adalah Transmission Control Protocol (TCP), dan semua grup protocol diganti dengan TCP/IP suite. Pertama kali TCP/IP diterapkan di ARPANET, dan mulai berkembang setelah Universitas California di Berkeley mulai menggunakan TCP/IP dengan sistem operasi UNIX. selain Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) ini yang mengembangkan Internet Protocol, yang juga mengembangkan TCP/IP adalah Department Of Defense (DOD).

itu penjelasan sejarah TCP/IP dan sekarang istilah-istilah dalam Protokol TCP/IP

Istilah-istilah dalam Protokol TCP/IP

     Ada beberapa istilah yang sering ditemukan di dalam pembicaraan mengenal TCP/IP, yaitu diantaranya :

  1. Host atau end-system :
    Seorang pelanggan pada layanan jaringan komunikasi. Host biasanya berupa individual workstation atau personal computers (PC) dimana tugas dari Host ini biasanya adalah menjalankan aplikasi dan program software server yang berfungsi sebagai user dan pelaksana pelayanan jaringan komunikasi.
  2. Internet :
    Suatu kompulan dari jaringan (network of networks) yang menyeluruh dan menggunakan protokol TCP/IP untuk berhubungan seperti virtual networks.
  3. Node ;
    Istilah yang diterapkan untuk router dan hostprotocol, yaitu merupakan sebuah prosedur standar atau aturan untuk pendefinisian dan pengaturan transmisi data antara komputer-komputer.
  4. Router :
    Suatu devais yang digunakan sebagai penghubung antara dua network atau lebih. Router berbeda dengan host karena router biasanya bukan berupa tujuan atau data tarfficRouting dari datagram IP biasanya telah dilakukan dengan software. Jadi fungsi routing dapat dilakukan oleh host yang mempunyai dua networks connection atau lebih.
nah itu penjelasan mengenai sejarah dan istilah-istilah yang ada pada protokol TCP/IP  terimakasih.

Sumber : ( Teknik Telekomunikasi Jilid 3 )

0 comments:

Post a Comment