Saturday, December 17, 2016

Fungsi dan Elemen Protokol

Selamat malam , baru bisa posting nih soalnya dari tadi serius nonton bola hehehe....
kali ini saya ingin memposting tentang apa yang dimaksud protokol ? tidak lain adalah sebuah sinonim yang bisa kita sinonimkan sebagai rule atau "aturan main". Dan apa yang dimaksud dengan standar ? Standar adalah rule yang telah disepakati untuk di aplikasikan.
 dari pada bingung langsung simak aja ya...



Protokol dan Susunan Protokol

      Dalam suatu jaringan komputer, terjadi sebuah proses komunikasi antara entitas atau perangkat yang berlainan sistemnya. Entitas atau perangkat ini adalah segala sesuatu yang mampu menerima dan mengirim untuk berkomunikasi mengirim dan menerima antara dua entitas dibutuhkan pengertian diantara kedua belah pihak. Pengertian ini lah yang dikatakan sebagai protokol. Jadi protokol adalah himpunan aturan-aturan main yang mengatur komunikasi data. Protokol mendefinisikan apa yang dikomunikasikan bagaimana dan kapan terjadinya komunikasi.


      Elemen-elemen penting dari protokol adalah : syntax, semantics, dan timing.

  1. Syntax mengacu pada struktur atau format data, yang mana dalam urutan tampilannya memiliki makna tersendiri. Sebagai contoh, sebuah protokol sederhana akan memiliki urutan pada delapan bit pertama adalah alamat pengirim, delapan bit kedua adalah alamat penerima dan bit stream sisanya merupakan informasinya sendiri.
  2. Semantics mengacu pada maksud setiap section bit. Dengan kata lain adalah bagaimana bit-bit tersebut terpola untuk dapat diterjemahkan.
  3. Timing mengacu pada 2 karakteristik yakni kapan data harus dikirim dan seberapa cepat data tersebut dikirim. Sebagai contoh, jika pengirim memproduksi data sebesar 100 Megabits per detik (Mbps) namun penerima hanya mampu mengolah data pada kecepatan 1 Mbps, maka transmisi data akan menjadi overload pada sisi penerima dan akibatnya banyak data yang akan hilang atau musnah.
Secara umum fungsi dari protokol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar dengan kehandalan yang tinggi. Sedangkan fungsi protokol secara detail dapat dijelaskan sebagai berikut :
  • Fragmentasi dan reassembly
    Fungsi dari fragmentasi dan reassembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setalah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket berita yang lengkap.
  • Encaptulation
    Fungsi dari encaptulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan addres, kode-kode koreksi dan lain-lain.
  • Connection Control
    Fungsi dari connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver, dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.
  • Flow ControlFungsi dari flow control adalah mengatur perjalanan data dari transmitter dan receiver .
  • Error ControlDalam pengiriman data tak terlepas dari kesalahan, baik itu dalam proses pengiriman maupun pada waktu data itu diterima. Fungsi dari error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.
  • Transmission Service
    Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.
mungkin hanya itu saja yang bisa saya posting untuk kali ini, terimakasih.

Sumber : ( Teknik Telekomunikasi Jilid 3 )

1 comment: