Friday, October 7, 2016

Macam-macam Jenis jaringan komputer

Hallo selamat malam, maaf saya baru bisa posting lagi karena kemaren lagi banyak tugas. Kali ini saya ingin mencoba memposting Jenis Jaringan Komputer sesuai buku yang saya baca, mungkin ada yang belum tahu tentang itu semua, langsung saja simak postingan saya kali ini.



Jenis Jaringan Komputer 

Berdasarkan luas areanya maka jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 4 macam :
  • PAN (Personal Area Network)
  • LAN (Local Area Network)
  • MAN (Metropolite Area Network)
  • WAN (Wide Area Network)

PAN (Personal Area Network) 

PAN merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh beberapa buah komputer atau antara komputer dengan peralatan non-komputer (seperti: printer, mesin fax, telepon seluler, PDA, handphone).

Sebuah PAN dapat dibangun menggunakan teknologi wire dan wireless network. Teknologi wire PAN biasanya mengandalkan perangkat USB dan FireWire. Sedangkan wireless PAN mengandalkan teknologi Bluethooth, Wifi, dan Infrared. Saat ini, wireless PAN (WPAN) yang menggunakan Bluethooth lebih disukai pengguna. Sebuah WPAN dapat dibangun dengan cepat berkat kehadiran perangkat Bluethooth.

Cakupan area sebuah PAN sangat terbatas, yaitu sekitar 9-10 meter (30 feet). Namun dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi maka cakupan PAN dapat diperluas lagi.

MAN (Metropolite Area Network)

Teknologi yang digunakan MAN mirip dengan LAN. Hanya saja areanya lebih besar dan komputer yang dihubungkan pada jaringan MAN jauh lebih banyak dibandingkan LAN. MAN merupakan jaringan komputer yang meliputi area seukuran kota atau gabungan beberapa LAN yang dihubungkan menjadi sebuah jaringan besar.

MAN bisa saja berupa gabungan jaringan komputer beberapa sekolah atau beberapa kampus. MAN dapat diimplementasikan pada wire maupu  wireless network. MAN dapat memanfaatkan jaringan TV kabel yang umunya menggunakan kabel jenis coaxial atau serat optik. Pelanggan TV kabel dapat menikmati akses Internet berkecepatan tinggi. Di negara-negara yang sudah maju, jaringan TV kabel telah memanfaatkan teknologi serat optik. Sehingga dapat mengangkut data berukuran gigabit dalam waktu singkat.

Dewasa ini, infrastuktur MAN mulai dipadukan dengan teknologi wireless. Wireless network semakin populer, karena tidak memerlukan instalasi kabel yang cukup rumit dan mahal. Selain itu, wireless network dapat menjangkau area yang sulit dijangkau oleh kabel. Salah satu implementasi wireless network adalah WiMax.


LAN (Local Area Network)

LAN berhubungan dengan area network yang berukuran relatif kecil. Oleh sebab itu, LAN dapat dikembangkan dengan mudah dan mendukung kecepatan transfer data cukup tinggi. Ada 4 "bentuk dasar" LAN atau disebut topologi fisik LAN, yaitu :
  • Topologi Bus
Topologi bus menggunakan sebuah kabel backbone dan semua host terhubung secara langsung pada kabel tersebut.





  • Topologi Star
Topologi star menghubungkan semua komputer pada sentral atau konsentrator. Biasanya konsentrator adalah sebuah hub atau switch.


  • Topologi Ring
Topologi ring menghubungkan host dengan host lainnya hingga membentuk ring (lingkaran tertutup).




  • Topologi Mesh atau Fully-Mesh
Topologi mesh menghubungkan setiap komputer secara point-to-point. Artinya semua komputer akan saling terhubung satu-satu sehingga tidak dijumpai ada link yang terputus. Topologi ini biasanya digunakan pada lokasi yang kritis, seperti instalasi nuklir.

Topologi mesh juga merupakan jenis topologi yang digunakan oleh internet. Dimana dapat dijumpai banyak jalur (path) menuju sebuah lokasi. Biasanya tiap lokasi dihubungkan oleh router.



WAN (Wide Area Network)

Sebuah jaringan yang tersebar di beberapa lokasi yang sangat berjauhan satu sama lain yang bisa antar kota, antar propinsi atau bahkan antar Negara antar benua yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi.

Internet merupakan contoh WAN yang paling populer. Internet merupakan jaringan komputer terbesar di dunia. Teknologi Internet mungkin saja diimplementasikan pada LAN. Implementasi teknologi Internet pada LAN disebut Intranet. Internet menyediakan banyak sekali layanan atau service

Salah satu metode koneksi Internet yang paling banyak digunakan adalah Dial-up. Dial-up cocok bagi pengguna internet yang tidak memerlukan koneksi internet 24 jam sehari. Kita hanya memerlukan saluran telepon rumah, sebuah modem, lalu melakukan konfigurasi seperlunya. Akses internet berkecepatan rendah (maksimal 56 Kbps) sudah bisa dinikmati.

Jika tidak puas dengan dial-up, masih ada metode lain yang lebih canggih, yaitu ISDN dan DSL/ADSL. Namun metode ini memerlukan perangkat dan infrastruktur yang berbeda. Kita harus bertanya kepada penyedia jasa telekomunikasi (kabel telepon) apakah saluran telepon di tempat kita sudah mendukung layanan ISDN dan DSL/ADSL. Modem yang digunakan ISDN dan DSL/ADSL berbeda dengan modem dial-up. Harganya sedikit lebih mahal namun kecepatan akses imternet meningkat drastis dibandingkan metode dial-up.

Sumber : (www.conceptdraw.com)
                (computer.howstuffworks.com)
                (blog.misterje.com)
                (www.markijar.com)
                (masadepan-it.blogspot.com)
                (komputermesh.blogspot.com)
                (www.jaringan-komputer.cv-sysneta.com) 
pesan : "Hargailah usaha orang lain walaupun usaha itu hanya sedikit saja" 

0 comments:

Post a Comment