Saturday, November 11, 2017

Ini Alasan Anda Kenapa Harus Merantau


                Kenapa sih harus merantau ? kan kuliah atau kerja di tempat sendiri itu lebih enak , kenapa sih harus pergi jauh-jauh untuk sekedar pendidikan saja ? ngabisin duit aja.

                Mungkin itu beberapa pertanyaan anak jaman sekarang yang selalu di tanyakan ke anak-anak perantauan. Memang benar sih ngabisin duit aja ngerantau jauh-jauh padahal ujung-ujungnya sama cuman nyari gelar sarjana doang ya kan? tapi jangan berpikir pendek dulu, kita juga harus berpikir panjang. Kita merantau pasti ada alasannya, mungkin kita belum tau apa saja keuntungan atau alasannya merantau. Kita hanya tau merantau itu jauh dari orang tua, ngabisin duit, gajelas hanya itu-itu saja mungkin.

                Nah disini gua bakal ngasih tau beberapa alasan kenapa sih elu harus merantau, faedahnya apa sih ?

                Awalnya gua juga berpikir sama dengan demikian, kenapa sih kuliah itu harus jauh-jauh, terus kalo gua kuliah jauh ? gimana cara gua ngatur duitnya ? gimana caranya gua ngebagi waktu ? gimana cara gua bisa bangun pagi tanpa di bangunin sama orang tua ? dan yang lainnya. Begitu mungkin waktu awal gua sebelum merantau. Namun, saat gua sampai di kota perantauan gua, gua emang ngerasa harus beradaptasi dulu sama lingkungan gua, dan memang awalnya perkuliahan itu gua kocar-kacir untuk bangun pagi, dan gua juga harus berpikir keras untuk ngatur waktu dan keuangan gua. tapi setelah lama gua baru sadar ngerantau itu ada alasannya dan ada manfaatnya.

Berikut manfaatnya :

     1. Mandiri 
Ya memang udah pasti kita akan jadi mandiri, karena kita harus melakukan apapun itu sendiri, orang tua sudah jauh, mengandalkan teman ? mana mungkin mau ya kan? jadi manfaatnya adalah elu bakal jadi mandiri.

     2. Dapat Mengatur Waktu
Nah ini, yang udah gua jelasin tadi di atas. Mungkin awalnya lu gabisa ngatur waktu lu, apa-apa pasti lu bakal di suruh-suruh sama orang tua, dari mulai elu ibadah, makan, belajar, sekolah pasti elu selalu di ingetin sama orang tua lu. Tapi disini ? lu di latih untuk mengatur waktu dan nanti nya lu bakal bisa ngatur waktu lu, mana yang lebih penting dan mana yang ga penting. Itu semua lu yang ngatur.

     3. Dapat Mengatur Keuangan
Sesuai sama yang di atas gua jelasin, lu bakal bisa ngatur keuangan lu. Yang awalnya lu selalu boros sama yang namanya keuangan, lu selalu berpoya-poya sama uang lu, tanpa lu berpikir besok makan apa karena di rumah udah ada makanan, lu bebas beli apa aja padahal semua itu ga penting. Nah di perantauan lu bakal bisa ngatur atau belajar ngatur keuangan lu, karena apa ? kalo elu poya-poya, pasti elu bakal berpikir besok gua mau makan apa ? Nah disini lu bakal belajar ngatur keuangan elu sendiri. Ya seolah-olah elu itu manager keuangan lu lah.

     4. Rumah itu berarti
Nah ini, yang terpenting adalah elu bakal lebih bisa ngehargain rumah, yang awalnya elu berpikir rumah itu ga begitu penting sampai-sampai elu main itu sampe larut malam, bahkan jarang pulang. Tapi saat di perantauan, rumah itu bakal lebih berarti, pasti elu kangen sama rumah, suasana keluarga lu.

Mungkin itu aja sih, gua ngasih tau hal-hal penting nya aja yang sesuai dengan pengalaman gua sendiri yang saat ini gua rasain. Dan gua sadar, merantau itu memanglah penting.

0 comments:

Post a Comment